Wednesday, August 3, 2016

Tips Cara Mengatasi Error 24 di CorelDraw X4 Terbukti Manjur

Cara Mengatasi Error 24 di CorelDraw X4 menjadi topik yang banyak dicari terutama para 'desainer" dadakan seperti saya yang kebetulan mendapat mandat dari Ketua Panitia Festifal Lomba Takbir untuk membuat Leaflet dan Banner. Saat saya buka aplikasi CorelDraw X4 ternyata Error 24 dan tidak bisa dibuka. Sebelumnya sempat bingung dengan notifikasi Product Installation Unsuccessful, Please Reinstall (Error 24)". Hemm, padahal ini software dulu bawaan dari Counter saat service dan install ulang. Otomatis, saya tak punya file mentah CorelDraw X4 nya. Pusing tanya temen, tetangga sana sini ternyata tak ada yang punya Master CorelDraw X4, padahal desain harus naik cetak tanggal 4 besok kamis dan beredar hari Jumat. 
Cara Mengatasi error 24 di Corel draw X4
Cara Mengatasi error 24 di Corel draw X4
Karena merasa frustasi, iseng iseng lah saya buka kamus digital Mbah google, berharap kali aja ada trik cara mengatasi error 24 di CorelDraw X4. Setelah klak klik di mesin pencarian, kok problem seperti ini banyak ditemui, akhirnya ambil salah satu blog yang ada di paling atas, kalu gak salah infomenarik.net. Ternyata cara mengatasi error 24 di Corel Draw X4 ini cukup mudah (pas dibaca sih belum dipraktekkan). Caranya ada 3, dari yang mudah sampai ribet hehe, mau tahu juga? berikut ini tutorialnya :

Ganti Tanggal Komputer Mundur ke belakang
Cara paling mudah mengatasi Error 24 di CorelDraw adalah dengan mengganti pengaturan tanggalnya, entah ini ide siapa kok bisa bisanya dapet seperti ini (mungkin penemu yang pertama dapat wangsit kali ya hehhe). Cara mengganti pengaturan jam adalah melalui menu Taskbar (pojok kanan bawah Desktop Anda) kemudian pilih Change date and time setting (lihat gambar di bawah).

Ganti jam mundur ke belakang misalkan saja tanggal 1 Januari 2016 kemudian pilih Save (Ok). Nah sekarang silakan buka dan jalankan CorelDraw, gimana? sekarang sudah tidak ada lagi pesan error Product Installation Unsuccessful, Please Reinstall (Error 24) kan?.

Itulah cara mengatasi Error 24 di CorelDraw X4, namun penting untuk diketahui bahwa dengan mengubah pengaturan tanggal dan waktu akan menimbulkan masalah baru. Apa itu? bagi yang terbiasa berselancar di internet pastilah tahu kalau tanggal tidak sesuai dengan hari ini maka browser seperti Firefox, Chrome dan Oopera akan ngadat dan tak bisa digunakan. Solusinya ubah lagi tanggal sesuai hari ini ketika akan menggunakan komputer untuk internetan, dan ganti mundurkan lagi jika digunakan untuk desain. Cukup ribet memang namun cara mengatasi error 24 di CorelDraw X4 yang ini adalah cara paling mudah. FYI ada dua cara lagi, namun caranya terlalu rumit, karena harus menggati file ekstensi .dta dan mereset protexis licensing (halah, opo kuwi :D) So, saya kira ini dulu ajalah silakan praktekkan kalau gagal silakan komen, nanti saya kasih tutorial yang dua lainnya. 
Previous Post
Next Post

0 comments: