Thursday, April 7, 2016

3 Indikasi AC Mobil Mengalami Kerusakan


Saat ini keberadaan Air Conditioner (AC) pada sebuah mobil bukan lagi merupakan perlengkapan khusus yang hanya disediakan pada mobil-mobil mewah dan berkelas, tetapi sudah merupakan salah satu perlengkapan standar pada mobil-mobil keluaran terbaru saat ini. Bahkan, para produsen mobil truk pun tidak ketinggalan untuk melengkapi truk-truk hasil produksi mereka dengan AC sebagai perlengkapan standar yang mendampingi power steering.
Penggunaan AC mobil secara terus menerus, khususnya di daerah-daerah yang bercuaca panas seperti di kota-kota besar bisa menyebabkan AC cepat rusak. Untuk menghindari hal tersebut, maka AC mobil harus segera mendapatkan penanganan dan perbaikan agar bisa berfungsi dengan baik.
Banyak gejala yang bisa dijadikan sebagai indikasi terjadinya kerusakan pada AC mobil. Namun, pada artikel kali ini saya hanya akan menyebutkan 3 indikasi saja. Adapun 3 indikasi tersebut adalah sebagai berikut:

1.AC mengeluarkan bau busuk
Seringkali ditemukan kasus adanya bau busuk yang tercium dari AC mobil ketika mobil baru pertama kali dinyalakan. Bau busuk yang tercium tersebut umumnya disebabkan oleh keberadaan micro-organisme atau jamur yang menumpuk di kisi-kisi AC terutama di bagian dashboard. Cara mengatasinya cukup mudah, cukup dengan menghilangkan micro-organisme dan jamur tersebut dengan menggunakan cairan anti-bacterial treatments yang bisa dibeli di toko-toko aksesoris mobil. Jika hembusan udara yang dikeluarkan oleh AC mobil terasa segar kembali, berarti micro-organisme atau jamur tersebut sudah hilang.

2.Udara yang dikeluarkan AC kurang dingin 
Jika hembusan udara yang dikeluarkan oleh AC mobil terasa kurang dingin, biasanya disebabkan menurunnya daya kerja AC mobil yang diakibat adanya kebocoran atau refrigerant sudah saatnya diganti atau ditambah. Jangan melakukan perbaikan sendiri pada tingkat kerusakan seperti ini, sebaiknya diserahkan kepada teknisi bengkel AC.

3.Terdengar bunyi-bunyian aneh pada AC mobil
Jika AC mobil mengeluarkan bunyi-bunyian aneh yang tidak biasanya, sebaiknya segera dibawa ke bengkel khusus AC untuk diperiksa. Sebab, kemungkinan besar bunyi-bunyian aneh tersebut disebabkan adanya kerusakan pada kompresor. Kompresor adalah komponen paling penting dan paling mahal pada sistem AC. Jika kompresor mengalami kerusakan, akan mengakibatkan kontaminasi partikel logam pada komponen-komponen AC lainnya. Jika hal ini terjadi, sistem harus dikuras dan melakukan penggantian kompresor beserta komponen lainnya yang ikut terkontaminasi.
Demikianlah ulasan mengenai 3 indikasi terjadinya kerusakan pada AC mobil. Perlu dicatat bahwa penanganan AC hanya bisa dilakukan secara maksimal jika ditangani oleh ahlinya. Oleh karena itu, jangan coba-coba melakukan perbaikan sendiri jika anda tidak memiliki keahlian dalam bidang ini, tetapi sebaiknya diserahkan ke bengkel khusus AC agar ditangani oleh teknisi profesional. Semoga bermanfaat!


Previous Post
Next Post

0 comments: