Wednesday, December 16, 2015

5 Cara Ampuh Membedakan HP Android Asli Atau Palsu

5 Cara Ampuh Membedakan HP Android Asli Atau Palsu

1. Selalu Utamakan Riset Terlebih Dahulu 

Para pemalsu yang jahat akan selalu beruntung jika konsumen masih cuek terhadap apa yang mereka beli. Untuk meminimalisasi kemungkinan sobat mendapatkan HP palsu, maka langkah yang paling penting adalah riset terlebih dahulu. Mungkin terdengar klise, namun dengan meluangkan waktu di internet dalam memeriksa spesifikasi hingga harga normal dari suatu barang, maka sobat selangkah lebih maju dalam mendapatkan barang asli.

2. Periksa Hardware Melalui CPU-Z maupun AIDA
Sebelum membeli HP, terutama HP bekas, periksa terlebih dahulu spesifikasi hardware-nya menggunakan aplikasi yang sudah terbukti dapat menampilkan secara lengkap info setiap komponen di dalamnya. Maka dari itu, sobat membutuhkan aplikasi handal bernama CPU-Z dan AIDA64.

5 Cara Ampuh Membedakan HP Android Asli Atau Palsu

HP palsu selain memiliki material body yang buruk, ia juga memiliki jeroan yang sebagian besar tidak sama dengan yang aslinya. CPU-Z dan AIDA64 berfungsi untuk mengkroscek bagian tersebut dan menampilkan datanya untuk sobat.
Download CPU-Z Disini 
Download AIDA64 Disini

3. Periksa Menggunakan Antutu Officer
Kalau sobat tidak begitu mengerti dengan hal-hal teknis yang ditampilkan oleh CPU-Z maupun AIDA, maka kamu masih bisa mengandalkan aplikasi lainnya yang lebih ramah. Aplikasi tersebut bernama Antutu Officer.


5 Cara Ampuh Membedakan HP Android Asli Atau Palsu



Antutu Officer dapat secara langsung memeriksa HP kamu apakah asli ataupun supercopy dengan cara memeriksa setiap komponen dan mencocokannya dengan database yang dimiliki. Informasi keaslian akan ditampilkan secara langsung dan mudah untuk dibaca. 

Download Antutu Officer Disini



4. Boot Ke Dalam Menu Recovery 

Apabila niat, pemalsu HP bisa saja menyusun hardware hingga software yang sama persis dengan HP aslinya. Akan tetapi, mereka terkadang melupakan komponen krusial seperti recovery mode yang disediakan. Jika para pemalsu lupa untuk memodifikasi recovery mode, maka kebanyakan HP palsu akan hadir dengan tool recovery berbahasa China, dari yang seharusnya berbahasa Inggris. Untuk memeriksanya di Android, sobat bisa menekan kombinasi tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan.

5. Periksa Kelengkapan Penjual
Ini juga sangat penting. Selain riset mengenai spesifikasi, kamu juga perlu untuk memeriksa video di YouTube mengenai unboxing terhadap HP yang akan kamu beli. Dengan begitu kamu bisa mengetahui ada kelengkapan apa yang disediakan di dalam kotak di saat membeli baru.Jika HP tersebut palsu, maka bisa jadi ada beberapa aksesoris maupun buku manual yang tidak disediakan dan itu tentu sangat merugikan bagi pengguna.

Itulah 5 tips cara ampuh membedakan HP android asli atau palsu dari saya.
Semoga Bermanfaat :)
Previous Post
Next Post

0 comments: